Iklan

Klik Ternak

Afriansyah Noor sambangi Koprasi TKBM Tinjau dan Dengar Keluhan Pekerja Bongkar Muat

lampumerahnews
Kamis, 09 November 2023, 14.46 WIB Last Updated 2023-11-09T07:46:56Z


LAMPUMERAHNEWS.ID - Kunjungan kerja wakil Menteri Tenaga Kerja ke Koperasi TKBM Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara untuk melihat langsung bagaimana kinerja dari para pekerja yang di naungi oleh koperasi Karya Sejahtera.(5/9).


Dalam kunjungan nya Afriansyah Noor Wakil Menteri Tenaga Kerja mengatakan "Saya menghimbau kepada perusahaan yang berada di wilayah pelabuhan khususnya yang telah memberikan pekerjaan kepada koperasi untuk membantu menciptakan sumber daya manusia melalui CSR yang di punya , kemudian bekerja sama dengan perusahaan yang ada untuk membantu bagaimana memfasilitasi pada masyarakat dengan skil sesuai dengan kemampuan yang di miliki, tentunya ini tidak merepotkan, saya pikir kalau kita mau menciptakan SDM yang berkualitas harus nya di dorong dengan memberikan pelatihan melalui CSR ."kata Wamen di Pelabuhan Peti Kemas, TPK Koja , Jakarta Utara.


Wamen juga mengatakan membangun SDM prinsip nya adalah para pekerja mengikuti pelatihan yang ada . "Prinsipnya adalah membangun SDM dengan pelatihan , kementerian tenaga kerja siap memfasilitasi balai-balai kami supaya mereka bisa bekerja dengan skil dan kompetensi yang ada , jadi isu yang beredar mereka menghambat jangan jadi patokan, tapi bagaimana mencari solusi agar mereka bisa bertahan hidup di tengah suasana kondisi perekonomian yang kita tau lah saat ini seperti apa itulah tugas kementerian tenaga kerja ."ujarnya. 


Lebih lanjut Wamen menyampaikan ada 3 kementerian yang ikut bertanggung jawab membenahi permasalahan SDM para pekerja tkbm . ",Sambil berjalan untuk melakukan peningkatan skil , dan terus membangun regulasi yang baik dengan perusahaan , jadi disini ada 3 kementerian, pertama kementerian koperasi, kementerian Tanaga Kerja dan kementrian perhubungan ini lah yang harus ikut membenahi masalah SDM tadi , itu lah di sebut SKB , keputusan bersama di wakili oleh 2 dirjen 1 deputi ."lanjutnya.


Ditempat yang sama ketua koperasi Karya Sejahtera TKBM Pelabuhan Tanjung Priok Asep Slamet menambahkan " Alhamdulillah hari ini Wakil Menteri berkunjung ke Koperasi kami memberikan pandangan dan mendengar kan aspirasi para pekerja yang bergabung di koperasi TKBM ini , ya kami Koperasi KSTKBM Pelabuhan Tanjung Priok sebagai lembaga yang mewadahi Tenaga Kerja Bongkar Muat kurang lebih sudah 32 Tahun di Pelabuhan Tanjung Priok berkomitmen menjaga kelancaran arus barang dan kondusifitas Pelabuhan Tanjung Priok.


Asep pun berharap kepada Pemerintah agar Koperasi TKBM tetap di pertahankan "Selama ini para pekerja TKBM Tanjung Priok telah terbukti menjalankan tugas bongkar muat di pelabuhan yang menangani 70% kegiatan bongkar muat di seluruh Indonesia . Kami berharap kepada pemerintah untuk mengapresiasi upaya dan kinerja yang sudah kami lakukan dengan memberikan pelatihan gratis bagi seluruh pekerja untuk mendapatkan sertifikat kompetensi bongkar muat. Selain itu kami berharap pemerintah tetap mempertahankan koperasi TKBM di Pelabuhan sebagai satu-satunya pengelola TKBM sebagaimana SKB Kementerian Perhubungan, Tenaga Kerja, dan Koperasi , dengan bertujuan agar pengelolaan TKBM bisa lebih terkoordinir dengan baik menyangkut kompetensi maupun kesejahteraannya."tutup nya .

Komentar

Tampilkan

Terkini