Iklan

Klik Ternak

Haul Ke 52 Gus ajak Warga NU Teladani Pendiri NU dan Pejuang NKRI KH Abdul Wahab Chasbullah

lampumerahnews
Selasa, 07 November 2023, 20.32 WIB Last Updated 2023-11-07T13:32:26Z


LAMPUMERAHNEWS.ID
- KH Abdul Wahab Chasbullah atau Mbah Wahab. Dia menjadi tokoh penting dalam proses berdiri sampai berkembangnya NU (1916 - 1971).


Sosok pahlawan nasional KH Abdul Wahab Chasbullah sebagai sosok ulama yang cinta tanah air. Ulama yang selalu menggelorakan semangat kebangsaan.


Sebagai ulama besar. Sebagai penggerak dan inisiator berdirinya jamiyah NU (Nahdlatul Ulama). Kiai yang memiliki wawasan luas, berpandangan modern, dengan cita-cita besar dan mulia.


Haul Ke 52 KH Abd Wahab Chasbullah.Inisiator, Pendiri & Penggerak NU, Pencipta Lagu Syubbanul Wathon dan Pahlawan Nasional.


 Haul Ke 52 ini saya mengajak warga NU untuk meneladani pendiri NU dan pejuang NKRI KH Abd Wahab Chasbullah.


pemikiran dan perjuangan KH. Abdul Wahab Chasbullah tentang nilai-nilai pluralitas yang di bingkai oleh semangat nasionalisme dan memaparkan gagasan ḥubb al-waṭan min al-īmān sebagai pondasi penting bagi terciptanya toleransi antar umat beragama dan persatuan nasional. Hasil dari penulisan ini menjelaskan mengenai KH. Abdul Wahab Hasbullah yang tidak hanya sekadar bapak dan pendiri NU organisasi Islam terbesar di Indonesia, melainkan pencetus gagasan ḥubb al-waṭan min al-īmān yang lalu menjadi salah satu tokoh yang berhasil mempersatukan dan menemukan titik temu antara Islam dan nasionalisme.


Kondisi tahun politik ini hendaknya pemikiran bahwasanya nasionalisme dan Islam tidak bertentangan. Selain itu juga menekankan akan pentingnya sikap pluralitas jika ingin mencapai nasionalisme tersebut. Perilaku sikap cinta tanah air berarti mencintai negeri, mengenal wilayah tanah air tanpa fanatisme kedaerahan. Indikator seseorang yang berperilaku cinta tanah air adalah memiliki kepercayaan religius, berkepribadian, bersemangat kebangsaan sadar bangsa dan negara, mengutamakan kepentingan nasional dari pada individu, saling menghormati/ menghargai, ber-Bhineka Tunggal Ika (berbeda tetap satu tujuan), sehingga muncul sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap yang dapat menghindarkan terjadinya konflik yang disebabkan oleh perbedaan dalam suatu tatanan masyarakat.


Haul ke 52 yang berlangsung di Masjid Istiqlal Jakarta ini potret KH. Abdul Wahab Chasbullah adalah salah satu tokoh NU yang selalu menarik untuk dibicarakan dan tak pernah habis ketika dibicarakan.


(Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini