Iklan

Klik Ternak

KPU Sepakat Tema Lingkungan Hidup, Pangan, dan Agraria Menjadi Bahasan Debat Cawapres

lampumerahnews
Senin, 15 Januari 2024, 19.17 WIB Last Updated 2024-01-15T12:19:44Z

(dok.kpu)

LAMPUMERAHNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama ketiga tim pasangan calon (paslon) Pemilu 2024 telah menyepakati format dan tema debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres).


Keputusan ini dihasilkan dalam Rapat Koordinasi antara KPU bersama Ketiga Tim Pasangan Calon di Kantor KPU pada Rabu (6/12/2023). Ketua KPU Hasyim Asy'ari, bersama Anggota KPU August Mellaz, Yulianto Sudrajat, dan Mochammad Afifuddin turut hadir dalam rapat tersebut.


Hasyim Asy'ari menjelaskan kesepakatan terkait format debat, yang terdiri dari lima debat: pertama untuk capres, kedua untuk cawapres, ketiga untuk capres, keempat untuk cawapres, dan kelima atau terakhir untuk debat capres.


Adapun tema debat kelima mengenai Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa.


"Itu yang menjadi tema untuk debat pertama sampai debat kelima dan juga porsi untuk siapa yang akan tampil dalam perdebatan itu," ujar Hasyim.


KPU telah menyiapkan nama-nama tim panelis untuk setiap tema debat, sementara masing-masing tim pasangan calon dapat mengusulkan nama-nama panelis hingga Jumat, 8 Desember 2023.


Selain itu, KPU telah menyiapkan nama-nama moderator untuk masing-masing debat. Setiap debat akan dipimpin oleh dua moderator, seorang laki-laki dan seorang perempuan.


"Jumlah undangan langsung untuk pendukung masing-masing paslon dibatasi maksimal 50 orang. KPU akan menyiapkan undangan kepada tim pasangan calon, dan keputusan mengenai siapa yang diundang diserahkan kepada masing-masing paslon," jelas Hasyim.


Debat pertama dijadwalkan berlangsung pada 12 Desember 2023 di Kantor KPU dan akan berlangsung selama 120 menit. Detail mengenai komposisi tim media televisi yang akan menyiarkan debat akan diinformasikan lebih lanjut setelah pembahasan antara tim KPU dan tim media televisi. (Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini