Iklan

Klik Ternak

Drainase Dusun Mesjid Tak Berfungsi, Pemkab Deli Serdang Diminta Bangun Kembali

lampumerahnews
Jumat, 23 Februari 2024, 14.10 WIB Last Updated 2024-02-23T07:25:28Z

Drainase di Dusun Mesjid tidak berfungsi dan meresahkan warga setempat. (foto/ist).

LAMPUMERAHNEWS.ID - Drainase (saluran pembuangan air) di Dusun Mesjid, Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang (DS) Sumatera Utara, sudah belasan tahun kondisinya tidak berfungsi. 


Akibatnya, saat hujan mengguyur deras, drainase itu tidak lagi mampu mengalirkan air ke ujung muara pembuangan. Alhasil air hujan meluap hingga menggenangi rumah warga setempat.


"Kondisi drainase di dusun ini sudah tidak layak lagi. Bila hujan deras, drainase tak berfungsi untuk air mengalir. Akhirnya meluap dan menggenangi rumah warga," kata Uzen, (54), warga Dusun Mesjid, Desa Beringin, Deli Serdang (DS), kepada LAMPUMERAHNEWS.ID, via WhatsApp, Jumat, (23/2/2024).


Selain itu, saat cuaca panas, tambah Uzen, air pembuangan limbah rumah warga mengendap di drainase itu selalu menebarkan aroma tidak sedap. Sehingga bau perceran dalam drainase itu membuat mual warga karena begitu menyengat.


"Limbah rumah tangga setiap hari mengalir ngumpul di drainase itu. Ketika cuaca sering panas, muncul lah aroma peceran tak sedap dari dalam drainase. Ketika ke hirup, mual lah perut itu," terang Uzen sambil tertawa.


Sepengetahuan Uzen, drainase sepanjang 2 Kilometer di Dusun Mesjid, itu bangun oleh Pemerintah Kabupaten Deli Serdang (Pemkab DS) sekitar lima belas tahu silam. Kini fisik bangunan zadul (zaman dulu) itu telah banyak yang hancur dan  ditumbuhi rerumputan hingga semak belukar.


"Selain ditumbuhi lembab nya rerumputan, fisik drainase itu juga banyak yang hancur. Wajar lah, saluran itu tidak berfungsi lagi," ungkapnya. 


Senada disampaikan Yusgan, warga setempat. Ia merasa ngenes melihat kondisi drainase yang berada didepan rumahnya itu, saat hujan turun deras, drainase tersebut tidak lagi mampu untuk mengalirkan air, dan terjadi luapan hingga membanjiri sekeliling halaman rumahnya. 


"Saat hujan turun deras, air meluap dari drainase itu, dan sasaran banjir halaman rumah saya dan rumah milik orang tua saya," kata Yusgan.


Dengan adanya keadaan drainase tersebut, Uzen dan Yusgan mewakili seluruh warga di Dusun Mesjid, berharap kepada Pemkab Deli Serdang bisa membangun kembali drainase itu, agar tidak menjadi keresahan warga di dusun itu. (Sutrisno)

Komentar

Tampilkan

Terkini