Iklan

Klik Ternak

KIP Aceh Tamiang Gelar Bimtek SILOG Pemilu 2024

lampumerahnews
Minggu, 11 Februari 2024, 14.10 WIB Last Updated 2024-02-11T07:11:28Z

Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti memberikan sambutan pada Bimtek SILOG. 


LAMPUMERAHNEWS.ID - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang, menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Sistem Informasi Logistik (SILOG) Pemilu 2024, kepada seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Aceh Tamiang, berlangsung di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Minggu, (11/2/2024).


Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti saat membuka acara Bimtek tersebut menyampaikan bahwa seiring kemajuan teknologi, khususnya teknologi teknologi informasi, membuat membuat aktifitas dan kegiatan manusia beralih pada sistem online dan digital, karena pemanfaatan teknologi dirasakan lebih cepat, akurat dan mudah diakses, meski terkadang kerap ditemukan sulit login, lambat sistem jaringan, bahkan banyak yang eror.


"Dalam Pemilu kita sudah mulai menggunakan teknologi informasi sebagai alat bantu memudahkan kerja kita dari pola yang manual menuju digital dan online. Seperti Sistim Informasi Partai Politik (SIPOL), Sistim Informasi Rekapitulasi Suara (SIREKAP). Dan Bimtek ini kita akan mempelajari Sistem Informasi Logistik (SILOG) Pemilu 2024," kata Rita Afrianti dihadapan para peserta Bimtek. 


Pada dasarnya, lanjut Rita Afrianti, untuk logistik Pemilu 2024 harus berpegang pada tiga prinsip. Yakni tepat waktu. Logistik Pemilu harus sudah sampai dan tepat pada waktunya, tidak boleh terlambat, tepat waktu sesuai yang dijadwalkan. 


Kemudian, kata Rinta, tepat sasaran. Logistik Pemilu harus sudah sampai sesuai dengan tujuan dan sasarannya, serta jangan sampai logistik untuk daerah pemilihan sejumlah lokasi tertukar dengan lokasi lain.


"Ketidaktepatan sasaran ini akan berakibat ketidak sesuaian surat suara, berbeda jumlah dikarenakan lokasi tujuannya sudah berbeda," terangnya. 


Selanjutnya, sambung Rita, tepat dan lengkap. Logistik Pemilu yang dikirim dan diterima lengkap semua peralatannya, sesuai jumlahnya tanpa ada kekurangan maupun kerusakan.


Oleh karena itu, lanjut Rita, Pemilu yang dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024 (tinggal 3 hari lagi) untuk mempersiapkan segalanya. Dan Bimtek dilaksanakan hari ini juga dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilu, sehingga Rita mengharapkan melalui Bimtek tersebut dapat memberikan pemahaman yang baik dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara Pemilu.


"Selamat mengikuti Bimtek. Jika ada kendala dalam proses SILOG karena terjadi lambat (eror), atau sulitnya diakses, jangan dijadikan sebagai kendala besar, dan jangan menyerah karena dianggap memberatkan," ujar Rita Afrianti mengakhiri. 


Acara Bimtek tersebut turut dihadiri oleh Devisi Teknis dan Hubungan Masyarakat (Hubmas) KIP Aceh Tamiang, Rusli, Devisi Sosialisasi KIP Aceh Tamiang, Kamardi Arif, Sekretaris KIP Aceh Tamiang, Achmad Yuhardha Pemateri tentang SILOG di kecamatan dan PPS, Fakhrudin, dan Pemateri tentang penggunaan aplikasi SILOG untuk PPK dan PPS, Wahyu Tioso.


 (Sutrisno)

Komentar

Tampilkan

Terkini