Iklan

Klik Ternak

KIP Aceh Tamiang Gelar Bimtek Pemantapan Pungut Hitung Pemilu 2024 Untuk PPK

lampumerahnews
Minggu, 11 Februari 2024, 00.59 WIB Last Updated 2024-02-10T17:59:29Z

KIP Aceh Tamiang gelar Bimtek Pungut Hitung Pemilu 2024. 


LAMPUMERAHNEWS.ID - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemantapan Pemungutan dan Penghitungan (Pungut Hitung) dan Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara, Penghitungan Perolehan Suara, serta Pengunaan Sistim Informasi Rekapitulasi Suara (SIREKAP) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Aceh Tamiang.


Acara Bimtek tersebut berlangsung selama dua hari, Jumat sampai dengan Sabtu, (9/2/2024 - 10/2/2024) di Hotel Sederhana, Karang Baru, Aceh Tamiang, dan dibuka oleh Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti, serta didampingi oleh Ketua Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan SDM KIP Aceh Tamiang, Kamardi Arif, Devisi Perencanaan Data dan Informasi KIP Aceh Tamiang, Lindawati dan Rusli. 


Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti saat pembukaan acara Bimtek tersebut mengingatkan agar PPK wajib membaca dan mempedomani Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 25 tahun 2023, sebagai pedoman teknis dan aturan proses pungut dan hitung pada Pemilu 2024.


"Bimtek ini selain untuk mempedomani PKPU Nomor 25 tahun 2023, saya berharap selepas mengikuti Bimtek, rekan - reken berkewajiban untuk memberi pemahaman dan arahan pada Panitia Pemungutan Suara (PPS), kemudian berlanjut kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dan semua jajaran wajib faham mekanisme dan wajib bekerja sesuai aturan," sarannya dihadapan para PPK, peserta Bimtek.


Mengenai masalah SIREKAP, Rita Afrianti menyampaikan masih adanya kendala, namun ia meminta kepada PPK agar tidak merasa terbebani dengan SIREKAP karena masalah teknis, jaringan dan sebagainya, sehingga terjadi keterlambatan dan gagal dalam penggunaannya.


"Kami (KIP/KPU) juga daerah Kabupaten/Kota, telah menyampaikan kendala tersebut kepada KPU RI," ungkapnya.


Dikesempatan itu Rita Afrianti juga mengatakan jika ada permasalahan di lapangan, masalah administrasi keuangan, diminta kepada para PPK menyampaikan secara terbuka di group WhatsApp penyelenggara Pemilu Aceh Tamiang. 


"Apa yang menjadi kendala dan keluhan rekan - rekan PPK, saya dan para Komisioner KIP Aceh Tamiang, pasti akan membantu dan menyelesaikannya, untuk kita mencarikan solusinya bersama," ujar Rita Afrianti mengakhiri. 


(Sutrisno).

Komentar

Tampilkan

Terkini