Iklan

Klik Ternak

Ronald Reagen, Pimpinan Bawaslu Jakarta Utara Ronald: Penyandang Disabilitas Mempunyai Hak Politik dan Ruang yang Sama

lampumerahnews
Senin, 05 Februari 2024, 15.24 WIB Last Updated 2024-02-05T08:24:01Z


LAMPUMERAHNEWS.ID
- Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Utara mengadakan kegiatan Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas yang dilaksanakan di Hotel 1O1 Urban Style Jakarta, pada Jumat 2 Februari 2024. 


Hal ini diupayakan adanya kesamaan hak dan kesetaraan perlakuan bagi penyandang disabilitas agar dapat menyampaikan hak politiknya untuk memilih dan dipilih.


"Kami berharap penyandang disabilitas mempunyai hak politik dan ruang yang sama. Karena itu Bawaslu Jakarta Utara mendorong menjaga hak suara penyandang disabilitas agar mendapat hak politiknya dalam Pemilu” ujar Pimpinan Bawaslu Jakarta Utara Ronald Reagen pada saat memberikan pembukaan kegiatan Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas.


Dengan tegas Ronald Reagen mengatakan, penyandang disabilitas mempunyai peran yang sangat penting dalam mewujudkan pemilu yang aksesibel khususnya dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum pada tahun 2024. Sebab, menurutnya, terselenggaranya pemilihan umum yang aksesibel dan non diskriminatif dapat di wujudkan oleh penyelenggara yang menjamin bagi penyandang disabilitas secara langsung, bebas, rahasia dan mandiri menyalurkan aspirasi politik.


"Dalam hal ini Bawaslu akan mendorong memfasilitasi dan memerhatikan akses pemilih disabilitas dalam menyalurkan aspirasi politiknya," ucapnya.


Sementara itu, Anggota Bawaslu DKI Jakarta Beny Sabdo mengatakan penyandang disabilitas akan tetap konsisten dan fokus untuk mengadvokasi pemajuan hak-hak politik penyandang disabilitas dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu). 


Kendati demikian, penyandang disabilitas tetap membutuhkan dukungan terhadap penyelenggara khususnya Bawaslu untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan kelompok pemilih penyandang disabilitas dalam proses penyelenggaraan pemilu.


Kegiatan ini terdapat pemaparan materi dari Narasumber oleh Bapak Sali Imadudin mengenai Pengawasan Pemilu Partisipatif Disabilitas. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengawasan partisipatif kepemiluan serta menjaga hak suara bagi kelompok disabilitas.

Komentar

Tampilkan

Terkini