Iklan

Klik Ternak

Pedagang Kolang-kaling Ramaikan Ramadhan

lampumerahnews
Rabu, 13 Maret 2024, 16.30 WIB Last Updated 2024-03-13T09:30:33Z


LAMPUMERAHNEWS.ID
- Kolang kaling merupakan buah yang kerap kali kita dapati saat Ramadhan, buah yang bertekstur unik biasa di hidangkan dalam sajian kolak untuk berbuka puasa , campuran pada es campur dan di jadikan manisan yang biasanya sebagai hantaran pada Idul Fitri. 


Bakti pedagang Kolang Kaling di Pasar Induk Kramat Jati katakan kolang kaling ia jual hanya pas bulan puasa. 


" Iya kami pedagang kolang-kaling mulai berjualan 4 hari sebelum Ramadhan sampai 4 hari jelang Idul Fitri. "Katanya saat di temui di pasar induk Kramat Jati, Jakarta Timur (13/3). 


Kolang kaling di datangkan dari 5 kota di Medan , setiap hari kurang lebih 10 Ton dengan 3 hari perjalanan dari Medan menuju Jakarta. 


" Kolang-kaling kami datangkan langsung dari Medan , ukuran kolang kaling nya besar-besar dan tahan lama, kalau kita ambil dari jawa jenis kolang kaling nya kecil-kecil dan mudah hancur, setiap hari 10 Ton kolang kaling diantar kesini, kami jual per kg Rp 16.000,- . "Terangnya.


Bakti juga sebut walaupun kondisi hujan, pedagang dari pasar tradisional yang tersebar di Jakarta tak surut untuk tetap berbelanja di pasar induk Kramat Jati untuk kebutuhan kolang-kaling selama Ramadhan. 


" Ya walaupun berapa hari ini di guyur hujan, alhamdulillah para pedagang tetap ambil kolang-kaling kami di sini, penjualan kita kan tergantung para pedagang untuk di ecer. "Sebutnya.


Perlu di ketahui selain untuk sajian Ramadhan kolang-kaling juga banyak mengandung manfaat seperti, melancarkan Pencernaan,mengendalikan Kadar Gula Darah, memelihara Kesehatan Jantung, meredakan Nyeri Sendi, mencegah Dehidrasi, Hidrasi Tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan menyehatkan kulit. Tak hanya itu saja, namun kolang-kaling juga memiliki sejumlah kandungan baik seperti protein, karbohidrat potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C hingga gelatin

Komentar

Tampilkan

Terkini