Iklan

Klik Ternak

Tradisi Ziarah Makam Jelang Ramadhan Merupakan Bentuk Cinta Kasih Kepada yang Meninggal Dunia

lampumerahnews
Senin, 11 Maret 2024, 22.56 WIB Last Updated 2024-03-11T15:56:35Z


LAMPUMERAHNEWS.ID
- Tradisi ziarah makam jelang Ramadhan merupakan tradisi sebagian umat Islam setiap Tahunnya untuk mendoakan orang yang telah meninggal dunia. 


Zaianal pemotong rumput di pemakaman Semper katakan kalau peziarah Ramadhan kali ini masih terbilang banyak walaupun diguyur hujan dan banyak makam yang terendam banjir.


"Alhamdulillah sudah seminggu jelang puasa pemakaman di TPU Semper di padati peziarah, ini merupakan tradisi tahunan, walaupun kemarin sempat hujan dan banyak makam yang tergenang air atau banjir. " Kata zainal di lokasi TPU Semper, Jakarta Utara. (12/3). 


Sementara itu Ibu Ruminah pedagang kembang juga sampai kan kalau dagangan kembangnya lumayan ramai pengunjung. 


" Alhamdulillah sudah seminggu ramainya peziarah jualan kembang di banjiri peziarah, ya sepanjang jalan menuju pemakaman memang di penuhi para pedagang kembang ada yang musiman dan ada yang memang setiap hari nya berjualan di sini, Ramadhan memang membawa berkah dan rejeki untuk kami pedagang kembang . "Tutur Ruminah saat di sambangi warung kembang miliknya . 


Sementara itu Ilham seorang peziarah tambahkan tradisi munggahan dengan berziarah memang kerap di lakukan, ini merupakan bentuk cinta kasih kepada orang yang telah di tinggalkan. 


" Alhamdulillah tadi sudah berziarah ke makam nenek , kakek dan om saya, ya membacakan doa, agar almarhum dan almarhumah diampuni segala dosa dan khilaf nya, hampir setiap jelang Ramadhan dan Hari Raya Lebaran kami sempat kam waktu untuk berkunjung ke makam untuk mendoakan para almarhum dan almarhumah. "Tutupnya .

Komentar

Tampilkan

Terkini