Iklan

Klik Ternak

Bawaslu Jakarta Utara adakan Kegiatan Pengawasan Partisipatif Perempuan dalam Pilkada Serentak 2024

lampumerahnews
Rabu, 22 Mei 2024, 12.14 WIB Last Updated 2024-05-22T05:20:31Z


LAMPUMERAHNEWS.ID - Jelang pemilihan daerah serentak 27 November 2024 , Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Utara adakan kegiatan pengawasan partisipatif khusus bagi perempuan yang diselenggarakan di bilangan Hotel , Kelapa Gading Jakarta Utara ini dihadiri oleh berbagai organisasi perempuan, tokoh masyarakat, dan perwakilan pemerintah daerah.


Kordiv Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Jakarta Utara " Hamidah katakan Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Bawaslu Jakarta Utara untuk mendorong pemilihan yang inklusif dan adil dengan melibatkan partisipasi aktif dari perempuan dalam proses pengawasan pemilihan. 


"Ya ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Bawaslu Jakarta Utara untuk mendorong pemilihan yang inklusif dan adil dengan melibatkan partisipasi aktif dari perempuan dalam proses pengawasan pemilihan. Dengan keterlibatan perempuan yang lebih aktif, Bawaslu Jakarta Utara berharap dapat memastikan sistem pemilihan yang lebih transparan dan akuntabel."katanya dalam sambutan di hadapan para undangan. (22/5). 


Lebih lanjut Hamidah sampaikan serangkaian kegiatan. 

"Acara hari ini menampilkan serangkaian kegiatan dan diskusi yang dipandu oleh para ahli dalam bidang hukum pemilu, kesetaraan gender, dan keterlibatan masyarakat, dan peserta dilatih tentang cara mengawasi pemilu secara efektif, melaporkan pelanggaran, dan mengadvokasi kebijakan yang sensitif gender dalam proses pemilihan."terangnya.


Sementara itu Ketua Bawaslu Jakarta Utara, Johan Bahdi menekankan peran penting perempuan dalam menjaga demokrasi. "Perempuan membawa perspektif dan kekuatan unik yang dapat meningkatkan integritas proses pemilu kita," Tegas nya  


Nurul Hilaliyah narasumber dari penggiat Perempuan yang hadir dalam kegiatan juga mengatakan dalam pemilihan umum baik pilpres , Pileg ataupun pilkada perempuan punya hak untuk , menyoroti tantangan yang dihadapi perempuan dalam proses pemilihan dan pentingnya partisipasi mereka. "Dengan memberdayakan perempuan untuk mengambil peran aktif dalam pengawasan pemilihan, kita tidak hanya mempromosikan kesetaraan gender tetapi juga memperkuat institusi demokrasi kita, peran perempuan sangat penting untuk menentukan siapa calon pemimpin suatu Negara , jadi bukan hanya sebagai pemilih saja tapi ikut serta mengawasi dan menyoroti pemilihan. " Pungkasnya 


Acara ini ditutup dengan komitmen dari semua peserta untuk terus bekerja menuju proses pemilihan yang lebih inklusif dan transparan. Bawaslu Jakarta Utara berencana untuk mengadakan lebih banyak acara serupa di masa depan, memastikan upaya berkelanjutan menuju kesetaraan gender dalam partisipasi pemilu.

Komentar

Tampilkan

Terkini