Iklan

Klik Ternak

Koperasi Mitra Pemerintah dalam membangun ekonomi yang berdaulat

lampumerahnews
Sabtu, 13 Juli 2024, 00.48 WIB Last Updated 2024-07-12T17:48:20Z

 



Batam - Hari Koperasi Nasional ke-77 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyoroti peran strategis koperasi dalam perekonomian nasional. " Ada sekitar 24,44 juta orang anggota koperasi dengan nilai usaha lebih dari 285 Triliun rupiah. Ini menunjukkan betapa pentingnya sektor koperasi bagi ekonomi kita," terangnya saat memberi sambutan saat  menghadiri peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 yang diselenggarakan di Hotel Harmoni One, Batam, pada Jumat, 12 Juli 2024.


Acara yang mengusung tema "Koperasi Mitra Pemerintah Membangun Ekonomi Nasional yang Berdaulat dan Mandiri Menuju Indonesia Emas".


Di kesempatan kali ini Airlangga sebut pemerintah telah menyalurkan sekitar 5% dari total 270 triliun rupiah pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada koperasi.


"Ruang untuk pertumbuhan masih sangat besar, mengingat kebijakan KUR berada di bawah kendali Kemenko Perekonomian. Kami selalu berupaya berpihak pada koperasi," Sebutnya


Ia juga katakan tantangan era digital juga menjadi sorotan dalam acara tersebut. Airlangga  menekankan bahwa prinsip koperasi sebenarnya sejalan dengan digitalisasi, yang berbasis keanggotaan dan jaringan.


"Koperasi perlu beradaptasi dengan era digital untuk tetap menjadi tiang perekonomian nasional," Jelasnya.


Menko Perekonomian  tambahkan " Ruang untuk pertumbuhan masih sangat besar, mengingat kebijakan KUR berada di bawah kendali Kemenko Perekonomian. Kami selalu berupaya berpihak pada koperasi," tambahnya.


Dalam kesempatan tersebut di sampaikan berbagai insentif yang diberikan pemerintah untuk mendukung koperasi dan UMKM. Salah satunya adalah pembebasan biaya sertifikasi halal bagi produk koperasi.


Sementara itu  Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) "Muhamad Nurdin Khalid mengingatkan pentingnya mengapresiasi upaya pemerintah dalam mendukung koperasi.


"Kita tidak boleh lupa terhadap apa yang telah dan akan terus dilakukan pemerintah untuk koperasi," Imbuhnya.


Peringatan Hari Koperasi Nasional kali ini juga menekankan pentingnya peran koperasi dalam transisi menuju Indonesia Emas 2045 , puncak acara peringatan Hari Koperasi Nasional pemberian Anugerah Penghargaan dan penyematan pin sebagai bentuk apresiasi dan dedikasi kepada para tokoh penggerak Koperasi secara Nasional. 

Komentar

Tampilkan

Terkini