Iklan

Klik Ternak

Marinus Gea " UMKM adalah kekuatan ekonomi yang sangat tangguh

lampumerahnews
Sabtu, 13 Juli 2024, 23.57 WIB Last Updated 2024-07-13T16:57:45Z

 


Lampu merah news.id

Jakarta - Di seminar Nasional  dan perayaan hari ulang tahun GSON  yang ke V Tahun mengangkat tema "tantangan generasi muda dalam menghadapi era Globalisasi masa kini dengan mengembangkan ekonomi kreatif (UMKM) yang di selenggarakan di Gedung Kenangan, Jakarta Pusat. (13/7/24).


Marinus Gea anggota legislatif DPR RI yang hadir sebagai kay note speak mengatakan 
"UMKM kita hari ini menjadi salah satu pendukung perekonomian yang sangat tangguh dan bisa  bertahan di bandingkan industri besar, ada 66 juta UMKM telah memberikan kontribusi sebanyak 61 %  terhadap pendapatan industri, jadi kita bisa melihat UMKM itu adalah kekuatan ekonomi Indonesia yang sangat tangguh. "Katanya kepada awak media.


Menurut Marinus Gea bila perusahaan besar yang tak sanggup lagi untuk bertahan dan terjadi nya phk serta menghasilkan bertambahnya jumlah pengangguran UMKM lah yang akan memberikan kontribusi penyerapan tenaga kerja.


" Bila perusahaan tidak sanggup lagi bertahan maka terjadi lah pengangguran yang sangat besar, peran UMKM lah yang memberikan kontribusi penyerapan tenaga kerja sampai 117 juta tenaga kerja , hampir 97 % dari angkatan kerja di Indonesia. "Ucapnya.


Marinus Gea jelaskan tantangan generasi muda dalam menghadapi era Globalisasi masa kini dengan mengembangkan ekonomi kreatif (UMKM) .


" Yang paling signifikan tantangan nya adalah peningkatan sumber daya manusia nya, kemudian pasar yang kompetitif yang hari ini sangat terbuka dan tentu membuat sangat kompetisi, lalu kemampuan beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang, dimana perkembangan nya sangat cepat, dengan teknologi digital yang semakin canggih pelaku UMKM  harus bisa menghadapi tantangan , tidak saja tergerus dengan teknologi yang di kembang kan secara internasional tetapi lokal juga menjadi tantangan tersendiri oleh karena itu sumber daya manusia nya  harus di tingkat kan agar bisa berinovasi untuk menjadi pelaku UMKM termasuk produk-produk nya, sistem nya, kwalitas nya dan harus berani membuka pasar secara internasional. "Jelasnya .


Di akhir wawancara Martinus Gea sampai kan ucapan terimakasih kepada GSON atas permintaan untuk menjadi pembina dan tentunya menjadi harapan yang baik untuk berkolaborasi dan bekerja sama.

Komentar

Tampilkan

Terkini