Iklan

Klik Ternak

Bawaslu Jakarta Utara ajak masyarakat ikut andil dalam menjaga Pilkada Serentak

lampumerahnews
Jumat, 30 Agustus 2024, 14.20 WIB Last Updated 2024-08-30T07:21:07Z

 



Lampu merah news.id

Jakarta-  Bawaslu Kota Adm. Jakarta Utara – Gelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Stakeholder, yang diselenggarakan di bilangan Hotel, Jakarta Utara dengan tema  "Bersama Menjaga Suksesnya Pilkada Serentak Tahun 2024".(29/8/24) .


"Kita berangkat dari spirit yang sama, tentang bagaimana mewujudkan Pilkada serentak di Provinsi Daerah Khusus Jakarta dan Jakarta Utara khususnya, dapat berjalan sukses,” ungkap Johan Bahdi Ketua Bawaslu Kota Adm. Jakarta Utara dalam memberikan arahan dan membuka kegiatan pada Rapat Koordinasi hari ini.


Dalam kegiatan yang mengundang KPU Jakarta Utara, Organisasi Kemasyarakatan, dan Organisasi Kepemudaan se-Kota Jakarta Utara, serta Staf Panwascam se-Jakarta Utara, Johan memprediksi pelaksanaan Pilkada nanti akan banyak dinamika dengan potensi pelanggaran yang cukup besar, terutama menjelang hari pencoblosan. Dalam hal ini mendapatkan respon positif dari peserta Rapat Koordinasi atas terselenggaranya kegiatan hari ini.


Oleh karena itu, M. Sobirin menekankan pentingnya kerja sama antara penyelenggara, pemerintah, personel keamanan, dan masyarakat dalam menjaga integritas proses Pilkada. “Kami selaku pengawas terus berupaya memastikan tahapan yang dilaksanakan oleh KPU berjalan sesuai dengan aturan,” tuturnya.


Acara ini juga menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang pemilu dan demokrasi, yaitu Alwan Ola Riantoby dari Pegiat Pemilu (Direktur Eksekutif Kata Rakyat) dan Narasumber kedua dari  Yosef dapa bili sebagai Pegiat Pemilu. Kedua narasumber memberikan wawasan dan analisis mendalam mengenai potensi tantangan serta strategi yang perlu diterapkan untuk mewujudkan Pilkada yang sukses dan berkualitas.


Pada kesempatan yang sama Yapto Sendra Anggota Bawaslu Jakarta Utara juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam pengawasan Pilkada melalui program pengawasan partisipatif. Dengan personel yang terbatas, Bawaslu Jakarta Utara sangat membutuhkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat. “Melalui kegiatan ini kami berharap, bapak/ibu bersedia menguatkan kami selaku pengawas dengan keterbatasan personil yang kami miliki baik dari tingkat kota sampai tingkat TPS,” ajak Yapto.


Sebagai penutup, Nur Hamidah mengingatkan seluruh masyarakat agar memastikan diri sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga dapat menyalurkan hak pilihnya pada 27 November 2024. “Pastikan bapak ibu sudah terdaftar dalam daftar pemilih untuk bisa menyalurkan hak pilihnya nanti,” pungkasnya.


Rapat koordinasi ini diharapkan menjadi langkah awal yang kuat dalam mempersiapkan Pilkada Serentak 2024, dengan semangat kolaborasi yang solid antara Bawaslu dan lapisan masyarakat di Jakarta Utara.

Komentar

Tampilkan

Terkini