Iklan

Klik Ternak

Bawaslu tekan kan sinergitas Stakeholder Dalam Menjaga Kesuksesan Pilkada Jakarta

lampumerahnews
Selasa, 13 Agustus 2024, 09.47 WIB Last Updated 2024-08-13T02:47:29Z




Lampu merah news.id

Jakarta - M. Sobirin, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Utara, menghadiri undangan sebagai narasumber dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Polres Metro Jakarta Utara. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kesiapan pelaksanaan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 melalui latihan operasi Mantap Praja Jaya 2024 yang bertempat di Kantor Polres Metro Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.


Acara yang dihadiri oleh 100 peserta ini bertujuan untuk mempersiapkan personel keamanan dalam menghadapi Pilkada 2024, yang diperkirakan akan menjadi salah satu momen penting dalam kalender politik Indonesia.


M. Sobirin memberikan materi mengenai peran dan tugas Bawaslu dalam menjalankan fungsi pencegahan, penindakan, dan quasi peradilan selama penyelenggaraan Pilkada.


"Dalam kesempatan kali ini kami Bawaslu tekankan pentingnya peran Bawaslu dalam menjaga integritas dan kredibilitas proses Pilkada. Ia menjelaskan bahwa Bawaslu memiliki tanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran, melakukan penindakan terhadap pelanggaran yang terjadi, dan melaksanakan fungsi quasi peradilan dalam menyelesaikan sengketa Pilkada, "terangnya saat menyampaikan materi.


Sobirin juga sebutkan peran Bawaslu jelang pilkada.

"Peran Bawaslu sangat krusial dalam memastikan Pilkada berjalan dengan adil dan demokratis. Melalui fungsi pencegahan, penindakan, dan quasi peradilan, kami berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan proses pemilihan yang bersih dan transparan," Sebutnya


Selain itu, M. Sobirin juga mengapresiasi inisiatif Polres Metro Jakarta Utara dalam mengadakan latihan operasi Mantap Praja Jaya 2024 ini.

"Alhamdulillah kapolres dalam ini sangat perduli pentingnya proses jalanya pilkada dan kami sangat mengapresiasi diadakan kegiatan ini, dan saya berharap sinergi antara Bawaslu dan aparat keamanan dapat terus ditingkatkan untuk memastikan setiap tahapan Pilkada berlangsung aman dan tertib, "imbuhnya.


Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dan kesiagaan seluruh pihak yang terlibat dalam pengamanan Pilkada 2024, sehingga proses demokrasi dapat berlangsung dengan lancar dan bebas dari gangguan.

Komentar

Tampilkan

Terkini