Iklan

Klik Ternak

"Ketum IKBP Serukan Jangan ada Provokasi pada tanggal 15 Agustus 2024"

lampumerahnews
Rabu, 14 Agustus 2024, 19.42 WIB Last Updated 2024-08-14T12:42:45Z

 



Lampu merah news.id

Jakarta - Pada tanggal 15 Agustus 1968 yang lampau telah terjadi penandatanganan perjanjian New York ( New York Agreement) dimana di setiap tahun nya pada setiap tanggal 15 Agustus sejumlah mahasiswa Papua akan lakukan unjuk rasa untuk menyuarakan dan mengingatkan kembali apa saja yang tercetus di perjanjian tersebut. 


Jelang tanggal 15 Agustus 2024 Ketua Umum Ikatan Besar Keluarga Papua "Ayub Faidiban kemukakan pendapat dan arahannya kepada seluruh mahasiswa Papua mari sama sama menjaga dan jangan menodai rangkaian perayaan dalam rangka memperingati HUT RI ke 79.


"Berdasarkan informasi yang telah di sampaikan oleh Aliansi Mahasiswa Papua kepada kami kalau di tanggal 15 Agustus 2024 , besok hari adik-adik kita akan lakukan unjuk rasa di kedutaan besar Amerika, pada prinsipnya kami tidak keberatan untuk melakukan aspirasi, terapi kami  menyampaikan bahwa kami menolak dengan tegas bila dalam orasi nanti ada hal-hal yang bertentangan dengan Negara kesatuan Republik Indonesia , "kata Ayub saat berikan tanggapan di Kantor Sekretariat IKUT, Jakarta Pusat. (14/8/24). 


Di kesempatan kali ini Ayub mengajak kepada seluruh peserta aksi agar dalam orasi nya tetap damai dan menjaga harkat serta martabat orang Papua. 


" saya mengajak adik-adik mahasiswa marilah kita bersatu untuk bangsa kita ini agar menjadi bangsa yang maju dan kita orang Papua di berikan kesempatan untuk ikut menjadi bagian dalam pembangunan Nasional, untuk itu saya menghimbau kepada seluruh adik-adik mahasiswa se-Jabodetabek agar melakukan orasi dengan cara elegan, damai, sopan dan santun, serta mengangkat harkat dan martabat orang Papua , "himbaunya.


Ayup pun tekankan kepada seluruh peserta aksi pada 15 Agustus 2024 IKBP mengutuk keras bila dalam seruan aksi ada kalimat yang provokasi untuk mendiskreditkan Indonesia . 


"Sekali lagi saya tekankan apabila dalam unjuk rasa ada kalimat yang mendiskreditkan Indonesia dengan tegas kami mengutuk itu dan kami tidak toleransi apa yang di sampaikan, untuk itu orasi besok kami IKBP tidak ikut terlibat dalam orasi esok hari, kami mohon kepada penegak hukum yang akan hadir untuk dapat melakukan pengawasan terhadap orasi apabila ada hal yang telah saya sampaikan di atas saya serahkan kepada pihak berwenang, "tegas ketum IKBP. 


Di kesempatan yang sama sekretaris jenderal IKBP Ali Law berharap agar kegiatan aksi tidak mengganggu evoria peringatan hari kemerdekaan. 


" Selain itu juga kami mengharapkan agar kegiatan aksi oleh Aliansi Mahasiswa Papua agar tidak mengganggu evoria peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 di tanggal 17 Agustus 2024 yang akan datang, karena itu adalah moment yang sangat sakral, hari di mana Indonesia merdeka. "Pungkasnya.


# Perlu di ketahui New York Agreement adalah Perjanjian New York adalah perjanjian yang ditandatangani oleh Kerajaan Belanda dan Indonesia mengenai administrasi wilayah Nugini Barat . Bagian pertama perjanjian mengusulkan agar Perserikatan Bangsa-Bangsa mengambil alih administrasi wilayah tersebut, dan bagian kedua mengusulkan serangkaian kondisi sosial yang akan diberikan jika Perserikatan Bangsa-Bangsa menjalankan kebijaksanaan yang diusulkan dalam pasal 12 perjanjian untuk mengizinkan pendudukan dan administrasi Indonesia atas wilayah tersebut. Dinegosiasikan selama pertemuan yang diselenggarakan oleh Amerika Serikat , perjanjian tersebut ditandatangani pada tanggal 15 Agustus 1962 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di Kota New York , Amerika Serikat.

Komentar

Tampilkan

Terkini