Iklan

Klik Ternak

Makna kemerdekaan ke 79 dari sudut pandang aktivis jaringan Pro-demokrasi

lampumerahnews
Minggu, 18 Agustus 2024, 12.31 WIB Last Updated 2024-08-18T05:31:55Z

 


Lampu merah news.id

Jakarta - Indonesia saat ini merayakan HUT kemerdekaan Indonesia yang ke 79 , di momentum hari kemerdekaan senator pro-demokrasi "Standarkiaa Latief mengemukakan pandangan tentang makna kemerdekaan, yang menurutnya kemerdekaan hanya di nikmati oleh segelintir orang di Indonesia.


" Peringatan HUT RI ke 79 telah terjebak ke dalam seremonial semata, karena elit politik semakin jauh dari sikap empati terhadap nasib hidup kebanyakan anak bangsa. Ada sekitar 25, 22 juta rakyat hidup dalam cengkraman kemiskinan, sementara tidak lebih dari 25 orang bergelimang harta yang  diperoleh dari bisnis berbasis kolusi di NKRI yang kaya akan sumber daya alam. Mereka adalah  1 % segelintir pemilik modal yang menguasai 46 % kekayaan penduduk Indonesia yaitu aset ekonomi nasional, "terang Standarkiaa melalui whatsapp. (17/8/24).


Menurut nya sebagian uang yang ada di perbankan Indonesia di kuasai oleh 0,02% orang kaya Indonesia.


" Sedangkan lebih dari separo uang di perbankan Indonesia dikuasai oleh 0,02 % penduduk (orang kaya Indonesia). Kondisi demikian telah melahirkan sejumlah ketimpangan sosial ekonomi di tanah air, dimana 10% orang kaya di Indonesia telah menguasai 77 % kekayaan ekonomi nasional yang seharusnya dinikmati dan harus menjadi hak rakyat Indonesia. Namun yang terjadi sebaliknya, yang semakin bergelimang harta, sedangkan yang miskin harus hidup sesak nafas perlahan lalu  mati,"terang nya dengan sesal .


Pasalnya 79 tahun Indonesia merdeka telah dijalani, yang saat ini telah dihuni oleh 275, 77 juta jiwa belum ada perbaikan signifikan atas nasib anak bangsa .


Lebih lanjut dia sampaikan jumlah orang miskin, yang saat ini menjadi potret wajah Indonesia yang telah berusia 79 Tahun.
" Ya dari jumlah orang miskin saat ini di Indonesia, terdapat sejumlah 53,6 juta orang (20,5%) berada pada posisi kelas menengah, di posisi ini mengkrucut ada 3,1 juta orang (1,2 %) sebagai golongan kelas atas, bisa di lihat
Inilah potret nyata wajah Indonesia saat ini telah berusia 79 tahun, "tutur nya lebih lanjut  .


Pesan kemerdekaan di Tahun 2024 Standarkiaa menilai nya kemerdekaan telah du rampas oleh elit-elit politik yang bersekongkol dengan pemilik modal.


" Saya menilai nya kemerdekaan tidak dilihat sebatas lepas dari penjajahan bangsa asing (kolonial), yang secara _de facto dan de yure_ telah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.
Namun dalam perjalanannya hingga sekarang, kemerdekaan tersebut telah dirampas oleh ketamakan elit-elit politik yang bersekongkol dengan segelintir pemilik modal untuk menggerus kekayaan negara yang sejatinya adalah milik rakyat disegenap pelosok tanah air. Itulah amanat UUD 1945 secara tegas di pasal 33 yang harus ditegakan, Indonesia harua menjadi negara sejahtera _(walfare state)_ yaitu pemerintah harus menjamin penciptaan kesejahteraan bagi rakyatnya. Bukan pencitraan, kerakusan brutal bagi segelintir orang. Jika visi walfare state tidak dikedepankan maka yang tampil adalah   negara bandit _(state crime)_ yaitu kejahatan negara yang dilakukan oleh penguasa dengan berlindung dibalik kebijakannya, "imbuhnya tegas.

Komentar

Tampilkan

Terkini