Iklan

Klik Ternak

Sosialisasi pengawasan memastikan proses pemilihan yang jujur dan adil

lampumerahnews
Senin, 19 Agustus 2024, 15.59 WIB Last Updated 2024-08-19T08:59:16Z

 



Lampu merah news.id

Jakarta- Bawaslu Kota Adm. Jakarta Utara adakan acara Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Serentak tahun 2024 di bilangan Hotel Jakarta Utara. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan khususnya Pengawas Kelurahan Daerah (PKD) se-Kota Jakarta Utara berintegritas menuju pemilihan berkualitas.(19/8/2024)


Dalam sambutan pembukanya, Johan Bahdi Ketua Bawaslu Kota Jakarta Utara mengungkapkan pentingnya melaporkan pelanggaran pemilihan secara realtime. Karenanya penggunaan teknologi informasi menjadi salah satu kunci dalam optimalisasi pengawasan.


“Dengan pengawasan yang berintegritas serta pengawasan yang ketat maka kecurangan dalam pemilihan seperti money politic, manipulasi suara dan intimidasi pemilih dapat diminimalisir, serta memastikan proses pemilihan yang jujur dan adil,” katanya. 


Sementara itu, Yapto Sendra Anggota Bawaslu Kota Jakarta Utara, menyampaikan “pengawasan yang optimal tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil pemilihan, namun juga memastikan bahwa suara rakyat benar-benar terwakili. Selain itu, transparansi dan akuntabilitas pun menjadi fokus utama, hal mana setiap tahap pemilihan mulai dari kampanye hingga penghitungan suara dilakukan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan,”sambung nya. 


Sosialisasi ini menghadirkan beberapa narasumber yang ahli di bidangnya. Columbus F. Manurung sebagai Tenaga Ahli DKPP terkait menyampaikan materi tentang Penguatan Pengawasan Dalam Pilkada Serentak dan  Robby Robert Repi sebagai TPD DKI Jakarta tentang Pengawasan Berintegritas yaitu Regulasi yang jelas dan tegas, peserta pemilu yang berkompeten, pemilih yang cerdas, birokrasi yang netral, penyelenggara pemilu yang profesional dan berintegritas.


Dalam kesempatan yang sama Nur Hamidah Anggota Bawaslu Kota Jakarta Utara, mengingatkan di depan PKD se-Kota Jakarta Utara untuk menjaga kekompakan dalam tim, dan tetap berkomunikasi dengan Pimpinan Kota apabila terdapat permasalahan di lapangan.


Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada seluruh jajaran yang ada di Bawaslu terkait regulasi dalam konteks Pilkada Serentak 2024 khususnya di Daerah Khusus Jakarta. Dengan demikian, Pemilihan Serentak Tahun 2024 diharapkan dapat berlangsung dengan lancar, bebas dari kecurangan, dan mencerminkan aspirasi rakyat secara nyata.


Komentar

Tampilkan

Terkini